Gladi Posko I Kodim 0736/Batang

Batang - Terlihat para peserta latihan sangat antusias, semangat dan kompak dalam melakukan aktivitas latihan gladi posko I yang diberikan oleh unsur pimpinan Komando Atas di halaman Makodim 0736/Batang, Rabu (19/6/2019).

Latihan gladi posko I Kodim 0736/Batang tahun 2019 mengusung tema “Kodim 0736/Batang Bersama Seluruh Komponen Bangsa Membantu Pemerintah Daerah dalam Menanggulangi Akibat Bencana Alam Banjir, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusian di Wilayah Kabupaten Batang dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”.

Dengan berlangsungnya kegiatan latihan tersebut, dari masing-masing staf memaparkan perkiraan dengan menggunakan peta atau maket untuk gambaran di lapangan, yang isinya dalam menanggulangi bencana alam yang ada di wilayah Kabupaten Batang. Sehingga Komandan Kodim punya gambaran dalam mengambil keputusan apabila ditunjuk sabagai Komandan tanggap darurat.

Dalam arahannya Kasdim 0736/Batang Mayor Inf Raji menyampaikan, gladi posko merupakan metode latihan taktis yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Kita harus memback-up Pemda dalam penanganan bencana alam yang berada di wilayah Kabupaten Batang dan para staf harus mengambil langkah yang tepat seandainya perkiraan ini jikalau terjadi bencana. Kita harus tau apa yang kita perbuat dan langkah antisipasi apa yang Kita lakukan,” terang Kasdim.

Kasdim mengucapkan terima kasih atas kelancaran pelaksanaan, tetap semangat dan utamakan kepentingan warga apa yang harus kita selamatkan terlebih dahulu untuk dievakuasi. (MC Batang Jateng/Heri)

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial