Jalur Prestasi Sarana Masuk Sekolah Idaman Meski di Luar Zonasi

Batang - Tahun ajaran 2019/2020 Kabupaten Batang melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi periode kedua secara manual tanggal 1-4 Juli. Ada tiga jalur yang dapat digunakan yaitu zonasi, prestasi dan perpindahan orang tua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) Kabupaten Batang, Achmad Taufiq melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Sabar Mulyono saat ditemui di Kantor Disdikbud Kabupaten Batang, Kamis (20/6/2019) mengemukakan, Zona I yaitu peserta didik yang berdomisili satu desa dengan sekolah itu. Zona II yaitu peserta didik yang berdomisili di luar Zona I tapi masih dalam satu kecamatan. Zonasi diberikan porsi peserta didik sebesar 90%.
“Untuk anak-anak berprestasi masih ada kesempatan, melalui jalur prestasi maksimal 5% dan jalur perpindahan orang tua maksimal 5%. Jadi kalau ada anak berprestasi tetap bisa mendaftar di sekolah yang dikehendaki,” paparnya.
Sabar menjelaskan, bagi anak yang memiliki orang tua yang harus berpindah tugas pun seperti TNI/Polri, ASN, BUMN dan BUMD, selama mencantumkan surat keterangan perpindahan dari lembaga yang bersangkutan, bisa diterima di sekolah yang diinginkan.
“Kalau seandainya perpindahan orang tua tidak terpenuhi, jumlah kekurangannya bisa ditambah melalui jalur zonasi maupun prestasi, tergantung dari kebijakan sekolah,” terangnya.
Ia menambahkan, karena tidak semua kelurahan dan kecamatan itu memiliki Sekolah Menengah Pertama Negeri, maka peserta didik bisa dimasukkan ke dalam Zona II.
Sabar mengharapkan, orang tua rutin melakukan pemantauan pada jurnal yang dikeluarkan pihak sekolah. Jika posisinya sudah tidak memungkinkan, anak dapat disalurkan ke sekolah-sekolah terdekat.
Disdikbud berencana untuk melakukan PPDB Online pada tahun ajaran 2020/2021, melalui jalinan kerja sama dengan pihak penyedia jasa koneksi internet. (MC Batang, Jateng/Heri) 

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial